Pemerintah Mendukung Penuh Reformasi Agraria

By Admin

nusakini.com--Pemerintah mendukung penuh reformasi agraria. Langkah-langkah mewujudkan itu sudah dilakukan pemerintah. Sementara terkait regulasinya, saat ini Rancangan Undang-Undang tentang Reformasi Agraria masih dalam tahap pembahasan antara pemerintah dengan DPR. 

Demikian ditegaskan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menjawab pertanyaan wartawan usai dia menghadiri acara, " Akselerasi Menuju Indonesia Bebas Tuberkulosis, di Jakarta, Senin (4/12). Menurut Tjahjo, RUU tentang Reformasi Agraria masih dalam pembahasan. Rancangan regulasi itu, kelak yang akan jadi payung hukum untuk mengakselerasi program reformasi agraria di Indonesia. 

"Sedang dibahas akan ada perubahan UU. Saat ini sedang dibahas antara komisi II dengan pemerintah," kata dia.  

Terkait pembahasan RUU Agraria, kata Tjahjo, Presiden Jokowi telah menugaskan beberapa kementerian untuk ikut terlibat dalam proses penyusunan regulasi tersebut. Kementerian yang terlibat selain Kementerian Dalam Negeri, juga melibatkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan Kementerian Hukum dan HAM. 

"Yang diusulkan Pak Presiden dan Pak Menteri PUPR, saya, serta menteri Hukum dan HAM. Kami akan membantu secara penuh yang menjadi konsep program mengenai reformasi perencanaan. Ini yang akan diajukan konsepnya baik dari pemerintah melalui kementerian PUPR dan oleh DPR (Komisi II). Dan sekarang sudah mulai jalan," tutur Tjahjo. (p/ab)